Kegiatan Peningkatan Pelayanan KB berkualitas
Oleh: Siti Hajrianti,S.S.T.Keb.
-
Latar Belakang
Keberhasilan program KB ditentukan oleh
pelayanan kesehatan yang diberikan
sepanjang siklus usia reproduksi: 1) pendidikan kesehatan reproduksi pada
remaja; 2) konseling kesehatan reproduksi pada calon pengantin, 3) konseling
dan pelayanan KB pada PUS, 4) konseling KB pasca persalinan pada Bumil, 5)
pelayanan KB pasca persalinan pada bulin/bufas 6) pelayanan KB interval.
Untuk Kesehatan Ibu dan
mengatur jarak kehamilan, Kontrasepsi dapat menjadi pilihan pasca persalinan. KB Pasca persalinan
yaitu: pemanfaatan/ penggunaan metode kontrasepsi dalam waktu 42 hari pasca bersalin/masa
nifas. KB pascapersalinan menggunakan Metode KB modern yang tidak mengganggu
proses laktasi, misalnya IUD, kondom, suntik progestin (3 bulanan), pil
progestin & implan.
Cakupan
Peserta KB aktif di Puskesmas Kimaam tahun 2014 masih sangat rendah yaitu
sebesar 5%, sedangkan target yang diharapkan yaitu sebesar 70%. Hal ini
menunjukan bahwa pengguna KB Aktif masih sangat rendah di Wilayah kerja
Puskesmas Kimaam. Inilah yang menjadi latar belakang dalam upaya kegiatan
peningkatan pelayanan KB Berkualitas.
-
Tujuan
Mengatur Jarak Kehamilan Dan Mencegah Kehamilan yang
tidak di inginkan.
-
Pihak yang dilibatkan : Bidan
-
Sasaran : Ibu/ WUS
-
Rincian
kegiatan : Konseling Dan Peningkatan Pelayanan KB berkualitas.
-
Tabel Indikator Keberhasilan, mengacu kepada Lembar Tabel Indikator Keberhasilan :
|
Indikator Keberhasilan
|
Outcome
|
Strategi Pencapaian
|
Pencapaian Kuartal II
|
Pencapaian Kuartal III
|
Pencapaian Kuartal IV
|
|
Meningkatnya Cakupan Pelayanan
KB (Target Nasional: 70 %)
|
Mencegah KTD dan mengatur jarak
kehamilan
|
Promosi kesehatan tentang
Definisi, manfaat, dan jenis KB serta memberikan pelayanan KB berkualitas.
|
Cakupan Pelayanan KB tahun
2014=3% sedangkan Cakupan Pelayanan KB Bulan Januari-Desember Tahun 2015=37%
|
Kegiatan Peningkatan
Pelayanan KB berkualitas akan dilaksanakan pada Bulan Januari– Desember 2016
|
Kegiatan Pelayanan KB
berkualitas
telah dilaksanakan di Bulan Januari-Mei 2016. Cakupan Pelayanan KB Bulan
Januari-April 2016=13,5 %
|
§ Rencana
Tindak Lanjut: Evaluasi dan Monitoring agar program pelayanan KB Berkualitas
dapat terus terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan cakupan pelayanan KB
secara berkelanjutan.
-
Dokumentasi
__________Oleh: Siti Hajrianti,S.S.T.Keb.______KIMAAM,PAPUA________

Tidak ada komentar:
Posting Komentar