Kamis, 02 Juni 2016

Kegiatan Peningkatan Pelayanan KB berkualitas Di Puskesmas Kimaam,Papua


Kegiatan Peningkatan Pelayanan KB berkualitas
Oleh: Siti Hajrianti,S.S.T.Keb.


-          Latar Belakang
Keberhasilan program KB ditentukan oleh pelayanan  kesehatan yang diberikan sepanjang siklus usia reproduksi: 1) pendidikan kesehatan reproduksi pada remaja; 2) konseling kesehatan reproduksi pada calon pengantin, 3) konseling dan pelayanan KB pada PUS, 4) konseling KB pasca persalinan pada Bumil, 5) pelayanan KB pasca persalinan pada bulin/bufas 6) pelayanan KB interval.
Untuk Kesehatan Ibu dan mengatur jarak kehamilan, Kontrasepsi dapat menjadi pilihan pasca persalinan. KB Pasca persalinan yaitu: pemanfaatan/ penggunaan metode kontrasepsi  dalam waktu 42 hari pasca bersalin/masa nifas. KB pascapersalinan menggunakan Metode KB modern yang tidak mengganggu proses laktasi, misalnya IUD, kondom, suntik progestin (3 bulanan), pil progestin & implan.
Cakupan Peserta KB aktif di Puskesmas Kimaam tahun 2014 masih sangat rendah yaitu sebesar 5%, sedangkan target yang diharapkan yaitu sebesar 70%. Hal ini menunjukan bahwa pengguna KB Aktif masih sangat rendah di Wilayah kerja Puskesmas Kimaam. Inilah yang menjadi latar belakang dalam upaya kegiatan peningkatan pelayanan KB Berkualitas.
-          Tujuan
Mengatur Jarak Kehamilan Dan Mencegah Kehamilan yang tidak di inginkan.
-          Pihak yang dilibatkan : Bidan
-          Sasaran : Ibu/ WUS
-          Rincian kegiatan : Konseling Dan Peningkatan Pelayanan KB berkualitas.
-          Tabel Indikator Keberhasilan, mengacu kepada Lembar Tabel Indikator Keberhasilan :
Indikator Keberhasilan
Outcome
Strategi Pencapaian
Pencapaian Kuartal II
Pencapaian Kuartal III
Pencapaian Kuartal IV
Meningkatnya Cakupan Pelayanan KB (Target Nasional: 70 %)
Mencegah KTD dan mengatur jarak kehamilan
Promosi kesehatan tentang Definisi, manfaat, dan jenis KB serta memberikan pelayanan KB berkualitas.
Cakupan Pelayanan KB tahun 2014=3% sedangkan Cakupan Pelayanan KB Bulan Januari-Desember Tahun 2015=37%
Kegiatan Peningkatan Pelayanan KB berkualitas akan dilaksanakan pada Bulan Januari– Desember 2016
Kegiatan Pelayanan KB berkualitas telah dilaksanakan di Bulan Januari-Mei 2016. Cakupan Pelayanan KB Bulan Januari-April 2016=13,5 %

§  Rencana Tindak Lanjut: Evaluasi dan Monitoring agar program pelayanan KB Berkualitas dapat terus terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan cakupan pelayanan KB secara berkelanjutan.

-          Dokumentasi


__________Oleh: Siti Hajrianti,S.S.T.Keb.______KIMAAM,PAPUA________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar